Tanjung Mutiara Danau Singkarak


Di sela-sela silahturahmi keluarga di Batu Sangkar Tanah Datar, Sumatera Barat, saya menyempatkan diri mengunjungi Tanjung Mutiara. Ini adalah  objek wisata bahari yang menjual keelokan Danau Singkarak. Jarak dari Batusangkar , menuju Tanjung Mutiara yang berada di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan+ 30 km. Karena keasyikan mengudap krupuk jangek, saya lupa waktu tempuhnya.

Waktu ke sana, suasananya ramai nian. Maklum, suasana lebaran belum lagi usai. Biaya masuknya sepertinya tidak dihitung perorang. Satu mobil dipinta Rp 25.000. Rata-rata yang datang adalah keluarga. Para pengujung mengelar tikar di pasir danau. Anak-anak ditemani orangtuanya berenang-renang. Sebagian ada yang menggunakan balon bebek, ada juga yang menyewa ban.

Untuk menikmati panorama  dari tengah-tengah danau bisa menggunakan perahu dan sepeda air. Ongkos naik perahu Rp 10.000, tetapi harus sabar menunggu penumpang penuh. Ongkos naik sepeda air dengan kapasitas 2 orang Rp 50.000. Mulanya saya kecewa juga karena ternyata rutenya tidak bisa suka-suka, tetapi akhirnya saya bersyukur juga.

Jangan bayangkan sepeda air di sini seperti di Ancol. Mendayung sepeda ini betul-betul harus pakai tenaga. Sialnya pemandu kami, salah mengarahkan sehingga sepeda air kami tersangkut di hamparan ganggang danau. Selain, perlu waktu untuk membereskan ganggang yang menyangkut di roda sepeda dayung ini, mendayung untuk melepaskan diri juga bikin badan berkeringat.

Setelah cukup lama bermain sepeda air, kami beristirahat di warung tepi danau. Di sini jarang yang menjual makanan berat, biasanya yang dijajakan kopi, teh dan softdrink, lalu bakso dan mie instant. Sambil mengudap penci, kerang kecil khas Danau Maninjau saya melihat dari kejauhan atraksi banana boat. Asyik sekali, walaupun tidak pakai atraksi dilempar ke air seperti di Kepulauan Seribu.


Selain itu, di Danau Singkarak ini juga terdapat spesies ikan yang langka dan satu-satunya di dunia yang disebut dengan "bilih". Penjual ikan bilih banyak bertebaran di sepanjang Danau Singkarak.





Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar